Referensi
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI SDN RAHADOPI KEC. KABAENA KAB. BOMBANA
ABSTRAK
Ismawar Sukawan, Nim. 11010101039, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PAI dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Picture And Picture di SDN Rahadopi Kec. Kabaena Kab. Bombana, Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. St. Fatimah Kadir,MA
Skripsi ini mengajukan permasalahan apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Rahadopi Kec. Kabaena Kab. Bombana?. Bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SDN Rahadopi Kec. Kabaena Kab. Bombana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksnakan di SDN Rahadopi Kec. Kabaena Kab. Bombana, pada kelas V dengan jumlah 10 orang, yang dilaksnakan dengan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi.
Dalam mengumpukan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, observasi untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mengajar guru. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif, yaitu memaparkan hasil pengamatan dan hasil belajar siswa setiap siklus, dengan indikator keberhasilan 1) apabila hasil pengamatan tentang motivasi belajar siswa dan aktivitas mengajar guru mencapai 80% atau dalam kategori baik dan 2) Apabila minimal 80% siswa telah memperoleh nilai 70 dan ketentuan belajar secara individu apabila siswa tersebut telah mendapat nilai ≥ 70.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan di tiap siklus yaitu pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh skor 12 atau 42.86% meningkat menjadi 82.14% atau memperoleh skor 23 dengan skor maksimum 28. Sedangkan aktivitas mengajar guru pada siklus I meperoleh persentase sebesar 66.67% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88.24%. Kemudian hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan metode picture and picture,
Tidak tersedia versi lain