Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGRTHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN 15 MANDONGA KOTA KENDARI
ABSTRAK
Rusnawati, Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Murid Kelas V SDN 2 NII Tanasa Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe Di Bimbing Oleh (Drs. Herman, M.Pd)
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Peningkatan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Number Head Together. permasalahan dibatasi pada “Apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT), dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada Murid Kelas V SDN 2 NII Tanasa Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe”.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, seperti halnya pada SD Negeri 2 Nii Tanassa dimana Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki yang berdasarkan hasil awal berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1.)Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.)Observasi dan Evaluasi, 4.)Refleksi .
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyajikan/menyampaikan materi pelajaran PAI pada siswa kelas V SD Negeri 2 Nii Tanassa Kecamatan Lalunggasmeeto Kabupaten Konawe pada Tahun Pelajaran 2012/2013 semester ganjil dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar sisiwa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan nilai tes awal, yaitu diperoleh skor rata-ta 68,12 dengan ketuntasan belajar 50,00% meningkat menjadi skor rata-rata 72,50 dengan ketuntasan mencapai 68,75%, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi skor ata-rata 76,56 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,50%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85%, sehingga hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Nii Tanassa Kecamatan Lalunggasmeeto Kabupaten Konawe Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada pokok bahasan Beriman kepada Kitab Allah dan Menceritakan Kisah Nabi Ayyub As dan kisah Nabi Musa As.
Tidak tersedia versi lain