Referensi
PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMPN 4 WAWOTOBI KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
MUHAMMAD ANWAR FAUZI. NIM. 09 01 01 01 132. “Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe”. (dibimbing oleh Drs. Pairin, MA. dan Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir, M. A, masing-masing selaku pembimbing I dan pembimbing II).
Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe, kedisiplinan guru sangat penting dalam proses pembelajaran, dengan kedisiplinan guru dapat membuat proses pembelajaran teratur dan terarah, efektif dan efesien, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan prestasi siswa sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe, pada bulan Juni sampai Agustus 2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian ini adalah 150 orang, dan penarikan sampel sebanyak 30 orang yang menggunakan tehnik random sampling secara bertingkat dengan mengambil 20 % dari jumlah populasi dari tiap-tiap kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik korelasi product moment dan untuk menghitung besarnya pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa dilakukan uji koefesien determinasi serta pengujian signifikasi menggunakan uji Fisher (F).
Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi disiplin guru (X) dan prestasi belajar siswa (Y) diperoleh rhitung = 0,4922 > rtabel = 0,361 pada taraf signifikan 5%. Dimana rhitung lebih besar dari rtabel, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe, dan besarnya pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu 24,22% dan 75,78 % dipengaruhi oleh faktor lain. Serta hasil uji signifikasi Fisher (F) diperoleh Fhitung = 9,00 > Ftabel = 4,20. Dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel, dengan demikian penelitian ini signifikan dan berhasil menunjukan pengaruh disiplin guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMPN 4 Wawotobi Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe
Tidak tersedia versi lain