Referensi
PENERAPAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH KELAS VIII A DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUL KHAIR WATALARA KEC. BAULA KAB. KOLAKA
Abstrak
Sri Ayuni. 09 010101 045, Penerapan Metode Every One Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII A Di Madrasah Tsanawiyah Babul Khair Watalara Kec.Baula Kab.Kolaka (Dibimbing Oleh: Dr. H. Nur Alim, M. Pd, dan Zulaeha, M. Ag)
Skripsi/penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan secara jelas apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif melalui metode every one is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidandg studi fiqih kelas VIII A di madrasah tsanawiyah babul khair watalara kec.baula kab.kolaka?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap di kelas VIII A dengan jumlah 22 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran fiqih sub-bahasan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan, memahami tata cara haji dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan pengamatan dan refleksi secara berulang selama dua siklus.
Cara pengambilan data yaitu dengan melakukan ovservasi selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar ovservasi dan data ketuntasan belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan individual mencapai 75 keatas dan ketuntasan klasikal jika jumlah keseluruhan yang telah memenuhi ketuntasan individual mencapai 85% atau lebih pada mata pelajaran fiqih.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fiqih setelah penerapan metode every one is a teacher here. dimana nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai awal yakni 65,68 menjadi 75,45 dengan presentase peningkatan 12,94%. Namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 75,45 menjadi 82,72 dengan presentase peningkatan sebesar 8,78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode every one is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A MTs Babul Khair Watalara pada semeseter genap tahun ajaran 2012-2013.
Tidak tersedia versi lain