Referensi
PENGARUH SUPERVISI PENGAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) WAWOSUNGGU KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Siti Salman, Nim: 09010103026, Pengaruh Supervisi Pengajaran terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wawosunggu Kec. Moramo Kab. Konawe Selatan, Skripsi Jurusan Tarbiyah Studi Kependidikan Islam STAIN Kendari,(dibimbing oleh : Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag, dan Erdiyanti, S.Ag, M.Pd).
Skripsi ini mengkaji Pengaruh supervisi pengajaran terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wwosunggu Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi pengajaran terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wawosunggu Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan.
Penelitian ini mengangkat pokok permasalahan, apakah terdapat pengaruh supervisi pengajaran terhadap kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wwosunggu Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Masalah ini akan dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif.
Dalam skripsi ini peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan cara angket yaitu mengedarkan daftar pertanyaan kepada responden yang menjadi objek penelitian dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif (distribusi frekuensi) dan analisis inferensial, (uji normalitas data, uji regresi linier sederhana, uji product moment, kemudian dilanjutkan dengan analisis uji-t).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Supervisi pengajaran berjalan dengan baik sekali, dimana kategori baik sekali sebanyak (70%) lebih besar dibandingkan dengan kategori lainnya (baik, cukup baik, kurang, kurang baik) Kinerja guru berjalan dengan baik sekali terlihat dengan responden yang memilih kategori baik sekali sebanyak 46,67%, responden yang memilih kategori baik sebanyak 40%, dan responden yang memilih kategori cukup baik sebanyak 13,33%, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja guru menunjukkan prestasi yang baik sekali. Ada pengaruh yang signifikan supervisi pengajaran terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan thitung = 3,561 > ttabel
= 2,042, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi pengajaran terhadap kinerja guru signifikan, sedangkan sebesarnya pengaruh supervisi pengajaran terhadap kinerja guru adalah sebesar 31, 187%.
Tidak tersedia versi lain