Referensi
PENGARUH KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTsN 1 KENDARI
ABSTRAK
RISNAWATI, NIM. 09010103028, “Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MTsN 1 Kendari” melalui bimbingan Bapak Drs. H. Herman, M.Pd.I pembimbing pertama dan ibu Erdiyanti, S.Ag,. M.Pd selaku pembimbing kedua dalam penulisan skripsi ini.
Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTsN 1 Kendari. Adapun tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTsN 1 Kendari. Peneliti mengangkat pokok permasalahan, apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru di MTsN 1 Kendari. Masalah ini akan dikaji secara ilmiah melalui pendekatan penelitian kuantitatif.
Dalam skripsi ini peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan cara, angket yaitu mengedarkan daftar pernyataan kepada responden yang menjadi obyek penelitian, dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Untuk memberikan gambaran tentang tayangan data menggunakan tabel frekuensi. Untuk mengetahui persamaan regresi digunakan rumus linear sederhana dan data tersebut akan diolah dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment agar memperoleh hubungan antara variabel X terhadap Y, dilanjutkan dengan uji t untuk melihat signifikansi.
Dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa kondisi kepemimpinan demokratis kepala sekolah di MTsN 1 Kendari adalah terdapat 20 responden atau 57,14% yang berada pada interval 81-100% yang berarti termasuk dalam kategori sangat tinggi dan kondisi kinerja guru di MTsN 1 Kendari adalah terdapat 32 responden atau 91,43% yang berada pada interval 81-100% yang berarti termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dari hasil kemiringan kurva dari variabel X=-0,01 dan variabel Y=-0,02. Serta terdapat pengaruh yang positif kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru, hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis regresi sedarhana yang mana dengan nilai b + nilai a, akan mempengaruhi Ý= 34,26+0,405 X. Hasil pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru atau disebut koefisien korelasi adalah 0,576, termasuk kategori sedang. Selanjutnya analisis kofesien determinasi ditemukan 33,2%. Hal ini berarti pengaruh antara kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 33,2% dan sisanya 66,8% ditentukan oleh faktor lain, pengaruh kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru signifikan.
Tidak tersedia versi lain