Referensi
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAPEFEKTIFITAS MENGAJAR GURU DI SMA NEGERI 1 KABAENAKEC. KABAENA KAB. BOMBANA
ABSTRAK
Yani Saptawati, 09010103008 Dengan Judul skripsi.“Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Mengajar Guru di SMAN I Kabaena Kec. Kabaena Kab. Bombana” Dibimbing oleh Drs. Pairin, MA dan Zulaeha M.Ag,
Skripsi ini membahas tentang “pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas mengajar guru di SMAN I Kabaena Kec. Kabaena Kab. Bombana, dengan rumusan masalah (a ) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana ? (b)Bagaimana efktivitas mengajar guru di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana ?.(c)Apakah terdapat pengaruh positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektiktivitas mengajar guru di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana ?. Tujuan penelitian ini adalah (a)Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana.(b)Untuk mengetahui efektivitas mengajar guru di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. (c)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kabaena kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu di maksud demikian adalah pengolahan data berdasarkan kenyataan-kenyataan yang di temui di lapagan secara obyektif, kuantitatif yaitu maksudnya pengolahan data yang di dasari prinsip-prinsip statistik.
Teknik pengumpuan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan observasi, yaitu teknik pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek yang di teliti, Questioner (angket) yaitu teknik pengumpulan data dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden untuk di isi, dan Dokumentasi yaitu pengumpulan, menghimpun, mencatat sekaligus memeriksa dokumen yang berhubungan dengan variabel penelitian. Adapun yang menjadi informan kunci adalahkepala sekolah dan informan pendukung adalah guru-guru, staf dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di peroleh kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi efektivitas mengajar guru di sekolah. Berdasarkan hasil uji melalui tabel frekuensi maka pada interval 61-80% memiliki frekuensi sebanyak 35 orang dengan kategori baik, sedangkan pada interval 41-60 % memiliki frekuensi sebanyak 10 dengan kategori sedang. Sedangkan pada efektivitas mengajar pada interval 61-80 memiliki frekuensi sebanyak 45 orang, dengan kategori baik
Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpian kepala sekolah terhadap efektivitas mengajar guru di SMAN I Kabaena, yaitu berdasarkan hasil uji t = 43,47 maka H_0 di tolak H_1 di terima.
Tidak tersedia versi lain