Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SHORT PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs SIRAJUL MUNIR YASIMA KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Anita Rina Purwanti, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Card Short Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan, (Dibimbing oleh, Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Jabal Nur, S.Ag, M.Pd).
Guru adalah pendidik utama dalam proses belajar mengajar yang harus dapat menggerakan seluruh kompetensi-kompetensi yang dimiliki sehingga dapat menunjang ketercapaian hasil belajar yang diharapkan dan menciptakan output yang berkulitas. Salah satu kompetensi yang harus dikembangkan oleh guru adalah penggunaan metode belajar mengajar itu sendiri. Atas dasar itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode card short Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan”.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimana penerapan metode card short pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan?, apakah penggunaan metode card short dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tekhnik analisis kuantitatif sebagai alat uji statistik deskriptif. Penelitian tindakan kelas adalah kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam ruang atau kelas tertentu. Tujuan utama dalam penelitian tindakan kelas adalah untuk memecahkan permasalahan-permasalah nyata yang dihadapi di dalam kelas dan untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tekhnik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengukur perolehan nilai rata-rata persekoran dan peningkatan hasil belajar dalam menentukan persentase aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode card short pada pelajaran Aqidah Akhlak ternyata dapat menigkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari terus meningkatnya nilai yang diperoleh siswa dan guru selama proses belajar mengajar. Jika pada evaluasi awal nilai yang diperoleh siswa rata-rata sebesar 44,078 dengan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran 27,27%, pada akhir siklus 1 nilai siswa yang diperoleh adalah 60,90 dengan ketercapaian tujuan pembelajaran 63,63%. Dengan nilai aktivitas siswa pada siklua I adalah 3,1 dan nilai aktivitas guru mencapai 8,25. Selanjutnya pada siklus II perolehan nilai siswa menunjukan peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 72,47 dengan ketercapaian tujuan pembelajaran 81,81%. Dengan nilai aktivitas siswa pada siklus II mencapai 3,44, dan nilai aktivitas guru mencapai 9,5. Metode card short dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Sirajul Munir Yasima Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain