Referensi
PENGARUH POLA PEMBINAAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH KENDARI
ABSTRAK
Lisnawati,NIM.08 01 01 01 079“PengaruhPolaPembinaan Orang TuaTerhadapMotivasiBelajarSiswapadaBidangStudiPendidikan Agama Islam di SMA MuhammadiyahKendari.”(Dibimbing Oleh:Dr. Hj. HadiMachmud, M.Pd. danIsnaHumaerah, M.Pd)
Skripsiinimengkaji pengaruhpolapembinaan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswa di SMA MuhammadiyahKendari.Dengan masalahpenelitian (a) Bagaimanapolapembinaan orang tua di SMA MuhammadiyahKendari. (b) Bagaimanamotivasibelajarsiswa di SMA MuhammadiyahKendari. (c)Bagaimanapengaruhpolapembinaan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswa di SMA MuhammadiyahKendari. Dengantujuanpenelitian (a) Untukmengetahuigambaranpolapembinaan orang tua di SMA MuhammadiyahKendari. (b) Untukmengetahuigambaranmotivasibelajarsiswapendidikanagama Islam di SMA MuhammadiyahKendari. (c) Untukmengetahuipengaruhpolapembinaan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswapendidikan agama islam di SMA MuhammadiyahKendari.
Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan populasipenelitian39 orang siswasebagairespondenyang ditariksampelpenelitianberjumlah36 orang siswaresponden. Penelitianinimenggunakanteknik pengumpulan data denganangketyaitumengedarkandaftarpertanyaankepadaresponden yang menjadiobyekpenelitian,data penelitiandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikdeskriptifterhadap data variabelX ; polapembinaan orang tua, variabel Y,motivasibelajarsiswapadabidangstudipendidikan agama Islam, dananalisisinferensial yangditempuhdengan (a)penggunaanregresi linear sederhana,(b) koefesiendeterminasi(c)uji signifikan ujiF.
Berdasarkanhasilanalisideskriptifpolapembinaan orang tuasiswa di SMA MuhammadiyahKendari, memiliki nilai rata-rata 27,7dengan frekuensi tertinggi sebesar 18responden atau 50% berada pada interval (61 s/d 80) dengan kategori tinggi. Analisisdeskritif motivasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah Kendari,memiliki nilai rata-rata 22,9dengan frekuensi sebesar 17 responden atau 61,53% berada pada interval (61 s/d 80) dengan kategori tinggi.
Dengandemikian terdapat pengaruh polapembinaan orang tua terhadap motivasibelajarsiswapadabidang studi pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah Kendari, ini dilihat dari hasil pengujian hipotesisdenganmenggunakanujisignifikanuji F, diperolehFHitung= 29,3. Tarafsignifikan ɑ = 0,05dandk = 34, makadiperolehFTabel= 2,48, dengandemikianFHitunglebihbesardariFTabel = FHitung≥ FTabelatau29,3 ≥ 2,48, makatolak Ho terima Ha artinyasignifikan. Sehinggadiketahuibahwaterdapatpengaruhpolapembinaan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswa di SMA MuhammadiyahKendari.
Tidak tersedia versi lain