Referensi
PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MURID DI SDN 1 LAWULO KECAMATAN ANGGABERI KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
SARLIAN, NIM: 09010101162. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Murid di SDN 1 Lawulo Kecamatan Anggaberi Kabupaten Konawe”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Ibu Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag dan Bapak Samrin, M.Pd.I
Hasil penelitian ini membahas tentang pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar murid di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk pembelajaran tematik di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe? Bagimana gambaran prestasi belajar murid di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe? Apakah ada pengaruh pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar murid di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe
Objek penelitian ini adalah murid di SDN 1 Lawulo yang aktif tahun ajaran 2012/2013, populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas III berjumlah 26 orang murid dan sampel penelitian ini adalah 26 orang murid dari keseluruhan populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X ; Pembelajaran Tematik, variabel Y; Prestasi Belajar Murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah statistik analisis deskriptif persentase dalam bentuk tabel distribusi frekuensi (persentase), dan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pembelajaran tematik di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe termasuk dalam kategori sangat tinggi, yaitu didukung oleh 22 responden atau 85% dari total responden. Prestasi belajar murid kelas III di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe, tampak bahwa nilai rata-rata rapot 76,15 dari total responden pada interval 70,0 – 79,9 (kriteria lulus cukup/C), yang didukung oleh 13 orang murid atau persentase 50 % yang memperoleh nilai raport dalam kategori lulus baik (B), 12 orang murid atau persentase 46 % yang memperoleh nilai raport dalam kategori lulus cukup (C), dan sisanya 1 orang murid atau persentase 4 % yang memperoleh nilai raport dalam kategori lulus kurang baik (D). Ada pengaruh positif dan signifikan pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar murid (Y) di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe. Temuan ini di informasikan thitung (5,874) > ttabel (1,711) pada taraf kepercayaan 95 % atau α=0,05 dengan dk = 26. Besarnya sumbangan variabel pembelajaran tematik (X) terhadap prestasi belajar murid (Y) di SDN 1 Lawulo Kec. Anggaberi Kab. Konawe sebesar 58,98 % dan sisanya 41,02 % di tentukan oleh variabel lain yang tidak menjadi bahasan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain