Referensi
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NEGERI 1 MORAMO KECAMATAN MORAMOKABUPATEN KOAWE SELATAN
ABSTRAK
Siti Musriyanti Nim 09 01 01 01 049 Dengan Judul Skripsi “ Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 1 Moramo Kec. Moramo Kab. Konawe Selatan.
Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. dan Ir. Hj. Ety Nur Inah, M. Si.
Pengaruh Pendidikan karakter Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 1 Moramo Kec. Moramo Kab. Konawe Selatan. Dengan permasalahan, a). Bagaimana gambaran pendidikan karakter di SMA Negeri I Moramo?, b). Bagaimana gambaran Prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Moramo ?, c). Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri I Moramo ?
Tujuan penelitian ini adalah: a). Untuk mengetahui pendidikan karakter di SMA Negeri I Moramo. b).Untuk mengetahui Prestasi belajar pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Moramo. c).Untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri I Moramo.
Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistika, populasi penelitian berjumlah 118 murid ditarik berdasarkan presisi 25%. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan menggunakan angket, dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial ditempuh dengan (a) Uji reliabelitas dan validitas, uji persyaratan analisis variabel X dan Y, (b) persamaan regresi linear sederhana (c) pengujian hipotesis menggunakan uji signifikan (uji F). Selanjutnya menentukan R Squer.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data variabel X memiliki rata-rata = 67,23 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X = 23 (76,67%) yang berada pada interval 81-100% dengan demikian harga ini umunya menunjukan pendidikan karakter di SMA Negeri I Moramo pada kategori baik sekali, 2). Analisis deskriptif data variabel Y memiliki rata-rata 69,85 dari sekor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y = 14 (46,67%) yang berada di interval 61-80% dengan demikian harga ini umunya menunjukan prestasi belajar murid di SMA Negeri I Moramo kategori tinggi, 3). Analisis inverensial menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan variabel independen terhadap variabel dependen dengan ditemukannya rhitung ≥ rtabel.. (0,524 ≥ 0,355) dan uji signifikan F hitung ≥ F tabel (10,6479 ≥ 4,20), maka Ha diterima dan Ho ditolak Dengan besarnya r squer 27,551%, sedangkan sisanya 72,45% dijelaskan oleh peubah lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain