Referensi
INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KENDARI
Abstrak
Titi Rohana. 09010101033, Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari (Dibimbing Oleh: Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M.Ag dan Wa Muna, S.Ag.,M.Pd.I
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kendari, kegiatan apa saja yang mengandung pendidikan karakter bagi peserta didik, serta bagaimana bentuk pendidikan karakter pada kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari.
Sasaran penelitian tentang masalah ini ialah para guru dan siswa yang berada di Madrasah Aliyah Negeri Kendari sebagai orang yang berperan langsung terhadap penerapan nilai – nilai karakter dalam proses pembelajaran dan penerapan dalam kehidupan sehari – hari.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data ditempuh dengan teknik reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Madrasah Aliyah Negeri Kendari telah menerapkan kurikulum berkarakter sejak tahun 2012 - 2013, beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang mengandung nilai karakter dan penerapan nilai karakter PAI ialah Olahraga, Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), keagamaan, dan Seni Budaya. Bentuk pendidikan karakter dalam pelajaran PAI, ialah penerapan nilai karakter meliputi : religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, percaya diri, bertanggung jawab, sadar akan hak dan kewajiban, bergaya hidup sehat, dan peduli. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan kepada para pendidik untuk lebih meningkatkan keasadaran dan tanggung jawab yang tinggi terhadap perkembangan jiwa peserta didik menjadi generasi muda yang cerdas dan berkarakter.
Tidak tersedia versi lain