Referensi
PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU di SMP NEGERI 14 KENDARI KELURAHAN PUDAY KECAMATAN ABELI
ABSTRAK
Sitti Rahmatan. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 14 Kendari Kelurahan Puday Kecamatan Abeli . Dibimbing Oleh Dr. Abdul Kadir, M.Pd Selaku Pembimbing I. Erdiyanti S.Ag, M.Pd Selaku Pembimbing II.
Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri 14 Kendari. Kondisi objektif sekolah menunjukkan bahwa tingkat kemajuan sekolah dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Dari faktor internal faktor kepemimpinan menempati posisi penting dan strategis. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui seberapa besar kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data berupa angket. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 35 guru di SMP Negeri 14 Kendari. Selanjutnya dianalisis melalui pengujian persyaratan analisis (Chi-kuadrat, uji homogenitas) dan pengujian hipotesis (persamaan regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji signifikan).
Berdasarkan hasil perhitungan statistik ditemukan bahwa Harga Chi-Kuadrat hitung lebih kecil dari harga Chi Kuadrat tabel, yaitu χ 2hitung 13.602 ≤ χ 2tabel 14,860 variabel X dan harga Chi Kuadrat tabel, yaitu χ 2hitung = 6.449 ≤ χ 2tabel = 9,488 variabel Y. Maka data variabel X dan Y dari penelitian ini memiliki perbedaan sehingga mempunyai makna. Untuk melihat keterkaitan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru atau disebut koefisien korelasi adalah Koefisien korelasi ditemukan 0,52, dengan interprestasi termasuk kategori positif sedang. Sedangkan KD yang diperoleh sebesar 0,52 = 27%, dapat diartikan bahwa 27% dari yang terjadi pada variabel Y atau kinerja guru disebabkan oleh pengaruh langsung variabel X atau supervisi kepala sekolah, sedangkan sisanya 73% disebabkan oleh pengaruh variabel-variabel yang lain, yang tidak diteliti atau yang berada diluar kawasan penelitian. Sedangkan uji signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 14 Kendari diperoleh nilai, thitung 3,50 > ttabel 2,042. Sehingga dapat disimpulkan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru signifikan.
Tidak tersedia versi lain