Referensi
IMPLEMENTASI ADMINISTRASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 3 BINONGKO KECAMATAN BINONGKO KABUPATEN WAKATOBI
ABSTRAK
Hasmiati, Nim. 09 01 01 01 048. Implementasi Administrasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi.
(Dibimbing oleh : Dra. Hj, Nurseha Gazali, M.Si, dan Drs. H. Herman, M.Pd.I)
Skripsi ini berjudul implementasi administrasi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi, dengan permasalahan, a). Bagaimana bentuk implementasi administrasi pembelajaran di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi?, b). Bagaimana profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi?.
Tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk administrasi dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi, dan untuk mengetahui profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan metode penunjukan kepada informan yang dianggap penting terkait dengan penelitian diantaranyan kepala sekolah, dan dewan guru selaku tenaga pendidik. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, studi dokumentasi, sedangkan pengelolaan data ditempuh dengan teknik reduksi data, display data verifikasi data, kemudian diadakan pengecekkan keabsahan data dengan pendekatan trianggulasi (metode, waktu dan sumber), perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, analisis kasus negatif, dan member cek.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi administrasi proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi dilaskanakan oleh tenaga pendidik dengan menyiapkan berbagai hal dan keperluan berkenaan dengan kelengkapan administrasi pembelajaran yakni mulai dari, 1).Silabus, 2). Kalender Pendidikan, 3). Program semester, 4). Rencana pelaksanaan pembelajaran, 5). Rencana pelaksanaan harian, 6). Buku pelaksanaan harian, 7). Analisis KKM, 8). Kisi-kisi soal, 9). Soal-soal ulangan, 10). Buku informasi penilaian, 11). Analisis hasil ulangan dan 12). Daftar nilai. Namun demikian, kekurangannya terlihat dari tidak adanya data dokumentasi dan keterangan responden yang menunjukan adanya program tahunan dan keterlaksananya dengan efektif. Dan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Binongko Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi diwujudkan dengan standar penguasan kompetensi keguruan berkenaan dengan 4 kompetensi yakni kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Binongko berkenaan dengan kegiatan pendidikan (administrasi pembelajaran) telah dilaksanaan, namun ada catatan yang perlu diperhatian pada aspek pengaturan pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan yang kurang nampak efektif.
Tidak tersedia versi lain