Referensi
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA DI SDN ANGGOPIU KECAMATAN UEPAI KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Harnisa, NIM: 09 01 01 01 163, Peran Guru dalam Meningkatkan Kepribadian Islami Siswa di SDN Anggopiu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah melalui bimbingan Dra. Hj. Nurseha Gazali, M. Si, dan Aliwar, S.Ag. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara ilmiah “Peran Guru dalam Meningkatkan Kepribadian Islami Siswa di SDN Anggopiu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe”. Adapun fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh guru khususnya guru dalam membina akhlak murid SDN Anggopiu Kabupaten Konawe. Masalah ini menarik untuk diungkapkan secara ilmiah karena, kepribadian islami sangat penting dalam setiap pembentukan dan perubahan prilaku Murid.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang akan mengungkapkan secara deskriptif fenomena Peran Guru dalam Meningkatkan Kepribadian Islami Siswa di SDN Anggopiu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Sumber data penelitian adalah keseluruhan informan yang dapat memberikan informasi tentang penelitian ini, yaitu; Kepala sekolah, guru dan Murid SDN Anggopiu. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) peningkatan kepribadian Islami yang dilakukan oleh sekolah sangat besar terhadap perubahan prilaku siswa di SDN Anggopiu. 2) usaha dan langkah-langkah guru dalam meningkatkan kepribadian islami Murid di SDN Anggopiu sebagi berikut: a) Meningkatkan kesadaran agama murid, b) Membentuk kepribadian yang mulia, c) Meningkatkan rasa solidaritas murid, dan d) Meningkatkan kepribadian melalui disiplin. 3) peningkatan kepribadian Islami yang dilakukan oleh guru terhadap murid SDN Anggopiu adalah sebagai berikut: a) pendidikan dengan kasih sayang, b) pendidikan dengan keteladanan, dan c) pemberian nasehat.
Tidak tersedia versi lain