Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO PADA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-ALIIM MALIGANO KEC. MALIGANO KABUPATEN MUNA
ABSTRAK
Siti Misra Susanti, NIM: 09010101039, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi The Power Of Two Pada Pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Al-Aliim Maligano Kec. Maligano Kabupaten Muna. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah (dibimbing oleh Dra.Hj. St Fatimah Kadir MA dan Dra.Rahmawati M.Pd)
Penelitian ini dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi The Power Of Two Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa MTS Al-Aliim Maligano Kecamatan Maligano Kabupaten Muna, masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran The Power of Two Pada Pelajaran Aqidah Akhlak, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Apakah hasil belajar siswa dapat meningkat dengan Penerapan Pembelajaran The Power Of Two pada pelajaran Aqidah Ahlak di MTS Al-Aliim Maligano Kec. Maligano Kab. Muna.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas adalah adanya tindakan (aksi) tertentu melalui Penerapan Pembelajaran The Power of Two demi Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhalak MTS Al-Aliim Maligano. Objek penelitian siswa MTS Al-Aliim Maligano. Tehnik pengumpulan data dilakukan yang pertama dengan cara observasi, tes dan dokumentasi, yang kedua teknis analisis data ada dua yaitu untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa dan untuk mengetahui prosentase ketuntasan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi The Power of Two dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan materi yang diajarkan pada setiap siklus. Pada pelaksanaan tindakan siklus 1 diperoleh dengan kemampuan siswa pada materi Iman kepada rasul Allah sebesar 70% yang memperoleh nilai ≥ 65. Penelitian ini belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) oleh karena itu pada penelitian ini masih dilanjutkan pada siklus II dengan materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya. untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini belum meningkat pada siklus 1 disebabkan karena dalam pembelajaran siswa masih kurang aktif dan antusias dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas karena strategi siswa anggap hal baru. Pada pelaksanaan siklus II diperoleh kemampuan siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan materi lanjutan 90% yang memperoleh nilai ≥ 65. Dari siklus 1 70% ke siklus II meningkat sebesar 90% meningkat sebesar 20% . meningkatnya nilai hasil belajar siswa dari setiap siklus disebabkan karena semakin sempurnanya skenario pembelajaran dan semakin paham siswa terhadap pembelajaran The Power of Two yang digunakan. Dengan melihat hasil tes pada siklus II maka penelitian ini dilaksanakan hanya sampai pada siklus II karena indikator keberhasilan penelitian ini tercapai dan meningkatkan hasil pembelajaran pada setiap siklus.
Tidak tersedia versi lain