Referensi
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PELAJARAN WUDHU SISWA KELOMPOK B2 TK TUNAS HARAPAN NAMBO KEC.ABELI KOTA KENDARI
ABSTRAK
Maryani, Nim : KL.11010101022, Meningkatkan Motivasi Belajar PAI melalui Penggunaan Media Gambar pada Materi Pelajaran Wudhu Siswa Kelompok B2 TK Tunas Harapan Nambo Kec. Abeli Kota Kendari, Melalui Bimbingan Dr.Husain Insawan.M.Ag
Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar terhadap materi PAI pada pembelajaran wudhu di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Nambo Kecamatan Abeli Kota Kendari”?.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelompok B2 yang berjumlah 22 orang anak B2 TK Tunas Harapan Nambo, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil observasi dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pemberian nilai, dengan indikator keberhasilan kinerja dalam proses penilaian tindakan kelas, anak didik yang memperoleh nilai minimal berkembang sesuai harapan (BSH atau ***), lalu dianalisis secara klasikal dari hasil penilaian telah mencapai minimal 75% dari banyaknya jumlah anak di kelompok B2.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa motivasi belajar anak kelompok B2 TK Tunas Harapan mengalami peningkatan yang signifikan dengan menggunakan media gambar, dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase motivasi anak didik dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II, yaitu sebelum tindakan motivasi anak sebesar 54.55% atau 12 anak yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, peningkatan motivasi anak siklus I mencapai 68.18 % atau 15 anak dan peningkatan motivasi anak pada siklus II mencapai 90.91 % atau 20 anak. Oleh karena itu, teknik media gambar merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi anak usia dini
.
Tidak tersedia versi lain