Referensi
HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI POASAA KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Nurmiati, 09010101124. “Hubungan Kedisiplinan Siswa Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Poasaa Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe.”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari, dibimbing oleh (I) DR. H. Nur Alim, M.Pd (2) Dra. Hj. St. Fatimah Kadir, MA
Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kedisiplinan siswa SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe (2) Bagaimana motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe.(3) Apakah ada hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe, bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Negeri Poasaa Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengguanakan pola survey. Teknik pengumpulan data menggunakn, wawancara dan pemberian angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa SD Negeri Poasaa dikategorikan sebagai siswa yang memiliki kedisiplinan yang tinggi sesuai dengan analisis yang dilakukan menunjukkan sebagian besar responden dapat mentaati peraturan dan ketetntuan yang diberlakukan oleh sekolah. Motivasi belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam tergolong tinggi sesuai dengan hasil temuan yang dilakukan dilapangan diketahui siswa SD Negeri Poasaa memiliki motivasi belajar yang baik sesuai dengan analisis angket motivasi belajar yang disebarkan ke sejumlah siswa diketahui siswa memiliki kemauan tinggi berprestasi dibidang studi pendidikan agama Islam. Hasil analisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana ditemukan nilai harga b dan a diperoleh persamaan regresi nilai a dan b = 6,568 dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh bahwa koefisien determinasi atau r = 0,676 (r2) adalah sebesar 0,4569 atau 45,69%(2). Nilai koifisien determinasi menunjukkan bahwa kedisiplinan sebesar 45,69% memiliki hubungan terhadap motivasi belajar sebesar 45,69% sedangkan sisanya yakni sebesar 54,31% ditentukan oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain