Referensi
PENGARUH PELAKSANAAN ULANGAN HARIAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR AZ-ZUBAIDI KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Salmawati, NIM. 07 01 01 01 078. Hubungan antara pemberian ulangan harian dengan motivasi belajar siswa Pada Mata Pelajaran PAI di MTsN Konda Kabupaten Konawe Selatan (dibimbing oleh Bapak Drs. Pairin, MA dan Bapak Drs. Masdin, M. Pd)
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara pemberian ulangan harian dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTsN Konda kabupaten Konawe Selatan. Peneliti menganggap bahwa setiap siswa cenderung lebih memiliki perhatian terhadap proses belajarnya apabila mendekati masa ulangan atau ujian. Dalam masa tersebut hampir semua siswa menyiapkan dirinya untuk menghadapi ulangan atau ujian tersebut. Oleh sebab itu, pelaksanaan evaluasi tersebut selain sebagai alat ukur pembelajaran, namun juga dapat menarik motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal inilah yang menarik minat peneliti untuk mengambil judul penelitian tentang hubungan pelaksanaan ulangan harian dengan motivasi belajar siswa di MTsN Konda.
Pelaksanaan ulangan harian adalah pemberian evaluasi yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran dalam rangka mengukur hasil belajar pada setiap pembelajaran, yang dapat dilaksanakan pada akhir pembelajaran atau pada setiap selesainya satu pokok pembahasan. Sedangkan Motivasi belajar pada mata pelajaran PAI yang dimaksudkan adalah dorongan dan keinginan siswa dalam belajar dan menekuni bahan ajar yang telah diajarkan gurunya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yakni penelitian yang mencoba menjelaskan secara objektif tentang pemberian ulangan harian dengan motivasi belajar siswa MTsN Konda kabupaten Konawe Selatan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan quisioner (angket) dan untuk mengetahui korelasi antar variabel peneliti menggunakan rumus product momen pearson. Sampel dalam penelitian ini adalah 46 siswa ( 25% dari 184 jumlah siswa). Adapaun dalam penentuan sampel peneliti menentukan secara acak (random sampling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ulangan harian di MTsN Konda telah diterapkan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan evaluasi pembelajaran, sebagaimana tanggapan mayoritas siswa dalam sampel (66,7 %). Selain itu, siswa MTsN Konda juga memiliki motivasi belajar yang cukup besar, hal ini pun sesuai dengan tanggapan siswa (67,9 %). Dan berdasarkan perhitungan data bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang positif dan bernilai sedang, karena nila r hitung adalah 0,486. Nilai ini lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,219. Berdasarkan uji hipotesis dengan rumus uji t, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian ulangan harian dengan motivasi belajar siswa MTsN Konda Kabupaten Konsel diterima, sedangkan hipotesis nihil ditolak. Karena nilai t hitung adalah 4,22 dan ini lebih besar dari nilai r tabel yaitu 2,021 (df : 46-2 : 44, dan α = 0,05 )
Tidak tersedia versi lain