Referensi
PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIQH DI MTs DARUL ULUM AHUHU DESA LAROWIU KECAMATAN MELUHU KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Ahmad Roes NIM:09010101129. “Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Fiqh di MTs Darul Ulum Ahuhu Desa Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe”. Dibimbing oleh Drs. Pairin, MA dan Samrin, M.Pd.I.
Penelitian ini di laksanakan di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. Adapun masalah yang diteliti adalah pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqh di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe. Hipotesis penelitian ini bahwa penggunaan metode demonstrasi tidak dapat mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswapada bidang studi fiqh di MTs Darul Ulum Ahuhu Desa Larowiu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe.Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqh di MTs Darul Ulum Ahuhu Kecamatan Meluhu Kabupaten Konawe.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah statistik dengan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, mean, median, modus dan standar deviasi. Analisis inferensial yang digunakan yaitu analisis regresi linear, pengujian hipotesis dengan uji fisher dan korelasi product moment. Yang menjadi sampel penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Ahuhu yang berjumlah 40 siswa, diambil 20% populasi yang berjumlah 198 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), questioner, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa terdapat adanya pengaruh yang positif dan signifikan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqh di MTs Darul Ulum Ahuhu Kec Meluhu Kab Konawe. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian, berdasarkan perhitungan ternyata Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 23,02 ≥ 4,10, maka tolak Ho artinya signifikan dan diperoleh nilai rhitung = 0,63, dengan memperoleh ɑ 5% dan n = 40 maka diperoleh nilai rtabel = 0,312. Sehingga, rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,63 ≥ 0,312. Dan besar sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y adalah KD = r2 x 100%, KD = 0,632 x 100%, KD = 0,3969 x 100% = 39,69%. Artinya variabel metode demonstrasi memberikan kontribusi terhadap hasil belajar Fiqh siswaMTs Darul Ulum Ahuhu Kec Meluhu Kab Konawe sebesar 39,69% dan sisanya 60,31% ditentukan oleh variabel lain.
Tidak tersedia versi lain