Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DI SMA NEGERI 1 MORAMO KECAMATAN MORAMO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Jumiati, Nim. 09010101066, judul: Peningkatan Hasil Belajar PAI melalui Model Quantum Learning di SMA Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, Dibimbing oleh Bapak Dr. Abdul Kadir, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Burhan, S. Si, M.Sc selaku pembimbing II
Skripsi ini mengkaji tentang 1) apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI mengalami peningkatan melalui penerapan model quantum learning di SMA Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan ? 2) bagaimana pelaksanaan model quantum learning pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Konawe selatan Kecamatan Moramo Kaabupaten Konawe selatan?
Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melalui model quantum learning di SMA Negeri 5 konawe selatan kecamatan moramo kabupaten konawe selatan. 2). Untuk mengetahui pelaksanaan model quantum learning pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Konawe selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMA Negeri 5 Konawe selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe selatan, pada kelas XI IPA1 yang berjumlah 28 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. data hasil belajar siswa diolah berdasarkan analisis kuantitatif dengan peningkatan hasil belajar siswa. dengan standar keberhasilan apabila siswa memperoleh nilai 75 mencapai 80%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus yaitu pada tes awal siswa yang memperoleh nilai > 75 sebanyak 8 orang atau 28.57%, meningkat pada siklus 1 yaitu 67.86% atau sebanyak 19 orang siswa yang memperoleh nilai>75, sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai >75 sebanyak 24 orang atu 85.71%. Dengan demikian, hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan pada setiap siklus, maka penelitian ini dihentikan sampai dengan siklus II karena indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai yaitu sebesar 80% siswa memperoleh nilai > 75. 2). penerapan model quantum learning pada mata pelajaran PAI khususnya di kelas XI IPAI SMA Negeri 5 Konawa Selatan tahun 2013, dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci: Hasil belajar PAI dan model quantum learning
Tidak tersedia versi lain