Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMAISLAMMATERI PERJUANGAN NABI IBRAHIMDENGANMETODE SOSIODRAMADI KELAS VSD NEGERI 2 BASALA KABUPATENKONAWE SELATAN
ABSTRAK
IMAM SUPII, NIM, KL 11010101009, MeningkatkanHasilBelajarPendidikan Agama Islam MateriPerjuanganNabi Ibrahim DenganMetodeSosiodramaDi Kelas V SDNegeri 2 Basala Kecamatan BasalaKabupatenKonawe Selatan. Dibimbing oleh Bapak Drs. Pairin. MA.
Skripsiinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmetodesosiodramadalammatapelajaran Pendidikan Agama IslampadamateriPerjuangan Nabi IbrahimkelasV di SD Negeri 2 BasalaTahunPelajaran 2012 / 2013, danUntukmengetahui, penerapanmetodesosiodramadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammatapelajaran Pendidikan Agama IslamPenelitianTindakanKelas dengansubyekpenelitiansiswakelas V SD Negeri 2 BasalaKabupatenKonawe Selatan sebanyak 38orang
Pengumpulan data dalampenelitianinidilakukandengancaramelakukanobservasi, testertulis individual padaakhirpembelajaran, danmelihatdokumentasinilaimatapelajaran PAI sebelumpenerapanmetodesosiodrama, datayang diperolehdaridokumentasinilaimatapelajaran PAI sebelumpenerapanmetodesosiodramadannilai rata-rata testertulisakhirpembelajarantiap-tiapsiklusdenganpenerapanmetodesosiodramadianalisismenggunakankuantitatifdeskriptif.
PenerapanmetodesosiodramadapatmeningkatkankeaktifansiswadalammatapelajaranPendidikan Agama Islamyaitupadasiklus I 49,9%,siklus II 64,42% PenerapanmetodesosiodramadapatmeningkatkanhasilprestasibelajarsiswadalammatapelajaranPAIkelasV SD Negeri 2Basalayaitudari 62,10menjadi 80,5 ataumeningkat18,40poinBerdasarkananalisisdiperolehkesimpulanbahwaadaperbedaanpositifantarasebelumdansesudahpenerapanmetodesosiodramadalampembelajaranPendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain