Referensi
UPAYA PEMANFAATAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI I RANOMEETO KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Rosneni, Nim 07 010101 092, Upaya pemanfaatan fasilitas perpustakaan sebagai media Belajar siswa di SMP Negeri I Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto kabupaten Konawe selatan, Dosen pembimbing I Drs. H. Herman,M.Pd.I dan Pembimbing II St. Aisyah Mu’in, S.Ag, M.Pd
Skripsi ini berjudul Upaya Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Belajar Siswa di SMP Negeri I Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana gambaran fasilitas perpustakaan di SMP Negeri 1 Ranomeeto Kabupaten Konawe?. 2. Bagaimana upaya pemanfaatan fasilitas perpustakaan sebagai media belajar siswa di SMP Negeri 1 Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan?.
Pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan cara obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa gambaran fasilitas perpustakaan di SMP Negeri 1Ranomeeto, cukup memadai sehingga dapat menimbulkan semangat atau motifasi pada siswa untuk berkunjung dan bahan-bahan ajar yang relevan dengan materi pelajaran yang diberikan oleh guru, adapun fasilitas perpustakaan di SMP Negeri 1 Ranomeeto diantaranya yaitu buku-buku paket, buku non paket, buku religi, atlas, buku-buku referensi, selain itu fasilitas perpustakaan juga ditunjang dengan fasilitas lain seperti komputer, ruangan membaca, meja kursi belajar, dan lain-lain. Upaya pemanfaatan fasitas perpustakaan sebagai media belajar siswa di SMP Negeri 1 Ranomeeto ada empat cara yang harus dilakukan oleh guru yaitu 1). Secara force, misalnya memberikan tugas-tugas bacaan halaman-halaman tertentu, bab-bab tertentu kepada para siswa, sehingga mereka merasa mempunyai keperluan yang mendesak untuk mengunjungi perpustakaan. 2). Secara persuasive. 3). Pengembangan minat baca dan kebiasaan membaca. 4). Adanya jam belajar di perpustakaan.
Tidak tersedia versi lain