Referensi
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MURID SD NEGERI 2 WAWOTOBI KAB. KONAWE
ABSTRAK
Murniwati, th. 2013. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Murid SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari, dibimbing oleh (I) Drs. Pairin, M.Pd (2) Dra. Fatirah Wahidah, M.Ag
Masalah pokok penelitian ini adalah: (1) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam pada SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe (2) Motivasi belajar pendidikan agama Islam murid SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe.(3) pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam murid SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe, bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam murid SD Negeri 2 Wawotobi Kabupaten Konawe. Jadi pada dasarnya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam murid SD Negeri 2 Wawotobi. Guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik memiliki metode dalam melaksanakan pembelajaran dengan teknik yang beragam yang mencakup tingkat profesional guru pendidikan agama Islam dalam melakukan pembelajaran yang dapat berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar pendidikan agama Islam dengan memperoleh prestasi yang baik dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Korelasi Product moment.
Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus regresi sederhana ditemukan nilai harga b dan a diperoleh persamaan regresi nilai a dan b = 16,2 dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh bahwa r = 0,6186 sedangkan nilai koefisien determinasinya (r2) adalah sebesar 38,27%. Perolehan nilai yang dilakukan pada analisa menunjukkan motivasi belajar pendidikan agama Islam murid sebesar 38,27%, ditentukan oleh kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam, dan 61,73% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Tidak tersedia versi lain