Referensi
PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX SMPN 1 KONAWE SELATAN KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Helmina, Nim: 07010101097, Judul: Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMPN 1 Konawe Selatan Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Kendari (Dibimbing oleh: Dra. Hj. St. Kuredah, M.Ag dan Jabal Nur, S.Ag, M.pd).
Skripsi ini mengkaji pengaruh metode pemecahan masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IX SMPN 1 Konawe Selatan Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh metode pemecahan masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IX SMPN 1 Konawe Selatan Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini mengangkat pokok permasalahan, apakah ada pengaruh metode pemecahan masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IX SMPN 1 Konawe Selatan Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan?.
Dalam skripsi ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket yaitu mengedarkan daftar pertanyaan kepada responden yang menjadi objek penelitian dan dokumentasi yaitu mencatat dokumen-dokumen yang berhubungan dengan isi skripsi. Analisis data yang digunakan yaitu distribusi frekuensi, analisis regresi linier sederhana, analisis produk moment, koefisien determinasi dan analisis uji-F.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode pemecahan masalah sangat sering dilakukan dala proses pembelajaran, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama islam. Ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pemecahan masalah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Konawe Selatan, hasil perhitungan diperoleh F-hitung sebesar 7.626, sedangkan F-tabel sebesar 4.13, maka diperoleh F-hitung > F-tabel , artinya hipotesis yang diajukan diterima. Besarnya pengaruh metode pemecahan masalah terhadap motivasi belejar di SMPN 1 Konawe Selatan adalah sebesar 18.32%.
Tidak tersedia versi lain