Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 1 TORONIPA KEC. SOROPIA KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
YANTI, A.Ma Nim 10010101086. “Meningkatkan hasil belajar PAI melalui model pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas V SD Negeri 1 Toronipa Kec. Soropia kabupaten Konawe.” (dibimbing okeh Ibu Dra. Hj. St Kuraedah, M.Ag)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ““Apakah Model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Toronipa Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa V SD Negeri 1 Toronipa”.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas. Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas adapun Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai seperti pada faktor-faktor yang diselidiki. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksnakan dalam 2 (dua) siklus. Siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas beberapa tahapan yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), 4). Refleksi (reflection).
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa; dalam menyajikan atau menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match pada semester ganjil khususnya di kelas V SD Negeri 1 Toronipa Tahun Pelajaran 2012/2013, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan hasil observasi awal, yaitu diperoleh skor rata-rata 65,27 dengan ketuntasan belajar 54,55% meningkat menjadi skor rata-rata 71,89 dengan ketuntasan mencapai 77,27%, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan (80%). Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 76,64 dengan ketuntasan motivasi belajar mencapai 86,63%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% untuk ketuntasan klasikal, sehingga hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 1 Toronipa dapat ditingkatkan melalui strategi Index Card Match .
Tidak tersedia versi lain