Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MENGENAL NAMA NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH SISWA KELAS IV SDN 2 TRIDANA MULYA KECAMATAN LANDONO KABUPATEN KONAWE SELATAN
ABSTRAK
Ani Prihtin Nim. 11010101034 Meningkatkan Hasil beLajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Mengenal Nama Nama Malaikat dan Tugasnya Melalui Strategi Index Card Macth Siswa Kelas IV SDN 2 Tridana Mulya Kecamatan Landono Kabupaten Konawe Selatan Melalui Bimbingan Burhan, S.Si. M.Sc.
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI menjadi fenomena yang menarik untuk dikaji. Permasalahan tersebut dapat dijumpai di SDN 2 Tridana Mulya Kec. Landono Kab. Konawe Selatan. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Macth.
Metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan melibatkan siswa kelas IV SDN 2 Tridana Mulya Kec. Landono Kab. Konawe Selatan. Jumlah 18 orang pada mata pelajaran PAI dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data tentang penggunaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Indikator kinerja setiap siswa tercapai bahwa jika pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran telah mencapai 80 % maka siswa telah dinyatakan mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar secara perorangan apabila siswa telah mendapatkan nilai 75 keatas
Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran index card macth pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV SDN 2 Tridana Mulya Kec. Landono. Kab. Konawe Selatan tahun Pelajaran 2012/ 2013 dapat berjalan sebagaimana mestinya, yaitu hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hasil ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus ke II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus, yaitu pada siklus ke II terlihat adanya kemajuan hasil belajar siswa meningkat sekali, begitu juga kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh temannya serta siswa aktif dalam mencari sumber belajar lain selain yang diberikan oleh guru berupa bahan bacaan. Disisi lain kielancaran mengemukakan ide, keaktifan siswa dalam bertanya, kemamp[uan siswa dalam memberikan tanggapan, dan kelancaran siswa dalam menjawab pertanyaan menjadi lebih baik.
Tidak tersedia versi lain