Referensi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MURID SD NEGERI LAMONG JAYA
ABSTRAK
Nahla, NIM: KL 110101001015. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur’an Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match Pada Siswa kelas III SD Negeri Lamong Jaya. Skripsi Program Studi Kualifikasi Guru Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama islam Negeri Sultan Qaimuddin Kendari, dibimbing oleh Ir. Hj. Ety Nur Inah, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode cooperative learning type make a match pada mata pelajaran PAI pada materi membaca dan menulis huruf Al-Qur’an dapat meningkatkan prestasi belajar murid kelas III di SD Negeri Lamong Jaya? Berdasarkan perumusan masalah yang telah dikemukakan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar membaca dan menulis huruf Al-Qur’an murid kelas III SD Negeri Lamong Jaya melalui metode cooperative learning type make a match.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subyeknya adalah siswa kelas III SD Negeri Lamong Jaya yang berjumlah 22 orang. Faktor yang diamati adalah aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti tahapan dalam PTK yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Observasi; (4) Evaluasi dan (5) Refleksi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk persentase dan deskripsi pada nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar, yang disajikan dalam bentuk tabel.
Berdasarkan hasil analisis pada tindakan setiap siklus dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam proses pembelajaran PAI pokok bahasan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an, guru telah menerapkan model pembelajaran cooperative learning type make a match dan hasil belajar PAI siswa kelas III SD Negeri Lamong Jaya dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran PAI pokok bahasan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an, dimana guru dan siswa telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran cooperative learning type make a match. Hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada pelaksanaan tindakan pada setiap siklus diperoleh data bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar PAI, bila dibandingkan antara hasil test awal, post test siklus I dan post test siklus II. Pada hasil post test siklus I adalah 73,30 dan pada post test siklus II menjadi sebesar 80,00 meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Pada siklus II pelaksanaan hasil evaluasi pembelajaran sudah mencapai nilai rata-rata 80,00 (> 75), maka sudah dikatakan berhasil. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa hasil belajar PAI pokok bahasan membaca dan menulis huruf Al-Qur’an siswa kelas III SD Negeri Lamong Jaya dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran cooperative learning type make a match.
Tidak tersedia versi lain