Referensi
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KOLASE PADA KELOMPOK B3 TK IDHATA KENDARI
ABSTRAK
Sarbiati, Nim : KL.11010101007, Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kolase Pada Kelompok B3 TK Idhata Kendari, Melalui Bimbingan Bapak Drs. Pairin, MA
Skripsi ini mengangkat permasalahan apakah melalui media kolase dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B3 Taman Kanak-Kanak Idhata Kendari" ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah "untuk mengetahui pengembangan kemampuan kognitif anak mengenal huruf hijaiyah melalui media kolase pada Kelompok B3 TK Idhata Kendari.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelompok B3 TK Idhata Kendari yang berjumlah 13 orang anak, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Teknik pngumplan data yang digunakan adalah observasi. Hasil observasi dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pemberian nilai, dengan indikator keberhasilan kinerja dalam proses penilaian tindakan kelas, anak didik yang memperoleh nilai minimal berkembang sesuai harapan (BSH atau ***), lalu dianalisis secara klasikal dari hasil penilaian telah mencapai minimal 75% dan banyaknya jumlah anak di kelompok B3.
Berdasarkan hasil analisis bahwa melalui media kolase dapat mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil evaluasi bahwa anak yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH atau ***) sebanyak 11 anak didik atau 84.62%, yang mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 75% dan 13 anak didik.
Tidak tersedia versi lain