Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA SDN PAKU JAYA KECAMATAN BONDOALA KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SDN Paku Jaya Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe”. Atas nama Sahnul Kasim, NIM. 10010101063 pada program studi Kualifikasi Guru PAI jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Qaimuddin Kendari.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Penerapan pendekatan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SDN Morosi Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe, dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada Murid Kelas V SDN 2 NII Tanasa Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe”.
Fokus permasalahan melalui penelitian ini yaitu “Apakah penerapan pendekatan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V SDN Morosi Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe ?.Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka permasalahan dalampenelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran CTL tehnik Learning Community pada pelajaran PAI siswa kelas V SD Negeri Morosi Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe?.2. Bagaimana hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan pembelajaran CTL tehnik Learning Community pada pelajaran PAI siswa kelas V SD Negeri Morosi?.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, seperti halnya pada SD Negeri 2 Nii Tanassa dimana Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki yang berdasarkan hasil awal berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1.)Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.)Observasi dan Evaluasi, 4.)Refleksi .Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa dalam menyajikan/menyampaikan materi pelajaran PAI pada PAI siswa kelas V SD Negeri Morosi Kabupaten Konawe pada Tahun Pelajaran 2012/2013 semester ganjil dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada hasil belajar sisiwa setelah tindakan siklus I meningkat jika dibandingkan dengan nilai tes awal, yaitu diperoleh skor rata-ta 68,12 dengan ketuntasan belajar 50,00% meningkat menjadi skor rata-rata 72,50 dengan ketuntasan mencapai 68,75%, Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi skor ata-rata 76,56 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,50%. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85%, sehingga hasil belajar siswa kelas V SD Negerei Morosi Kabupaten Konawe Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif ether pada pokok bahasan Beriman kepada Kitab Allah dan Menceritakan Kisah Nabi Ayyub As dan kisah Nabi Musa As.
Tidak tersedia versi lain