Referensi
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII.7 MTsN 1 KENDARI
ABSTRAK
Fitria Wahud, NIM. 09010101032, Peningkatan Motivasi Belajar Bidang Studi Fiqih Melalui Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII.7 MTsN 1 Kendari, dosen pembimbing Dr. Abdul Kadir, M.Pd., dan Samrin, M.Pd.I.
Skripsi/penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan secara jelas apakah penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar fiqih kelas VIII.7 di MTsN 1 Kendari.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di kelas VIII.7 dengan jumlah 36 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Fiqih sub-bahasan pengeluaran harta di luar zakat, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang selama dua siklus.
Cara pengambilan data yaitu data motivasi belajar diambil dengan cara melakukan observasi selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan data ketuntasan belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan. Dengan indikator keberhasilan ditetapkan bahwa jika motivasi belajar mencapai 80% yang ditandai dengan memenuhi indikator motivasi belajar yang diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dan ketuntasan belajar mencapai 80% pada mata pelajaran fiqih.
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap siklus tindakan maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar fiqih setelah penerapan metode Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat dilihat pada hasil pengamatan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus, yaitu perolehan skor kelompok I pada siklus I yaitu 212 atau 58,88% mengalami peningkatan sebesar 309 atau 85,83%, skor kelompok II yaitu 210 atau 58,33% mengalami peningkatan sebesar 304 atau 84,44%, skor kelompok III yaitu 206 atau 57,22% mengalami peningkatan sebesar 309 atau 85,83%, skor kelompok IV yaitu 224 atau 62,22% mengalami peningkatan sebesar 304 atau 84,44%, skor kelompok V yaitu 226 atau 62,77% mengalami peningkatan sebesar 296 atau 82,22%, dan kelompok VI yaitu 223 atau 61,94% mengalami peningkatan sebesar 298 atau 82,77%. Selain itu ketuntasan belajar yang diperoleh setiap kelompok juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh 55,55% mengalami peningkatan sebesar 91,66% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VIII.7 MTsN 1 Kendari semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
Tidak tersedia versi lain