Referensi
PENGARUH DISIPLIN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 WAWONII SELATAN KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Anirwan, NPM. 09010101008, Judul: Pengaruh Disiplin Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wawonii Selatan Kabupaten Konawe, (Dibimbing Oleh: Bapak Drs. H. Herman, M.Pd.I dan Bapak Mahruddin, S.Sos, M.Si
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menganalisis pengaruh disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 wawonii selatan kabupaten konawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi Disiplin Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wawonii Selatan Kabupaten Konawe
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wawonii Selatan Kabupaten Konawe pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah sampel 40 siswa. Penelitian dilakukan mulai dari bulan Juli hingga September 2013.
Analisis data deskriptif dilakukan dengan menghitung mean, median, modus, standar deviasi, varians, dan rentangan data. Uji normalitas data menggunakan uji linearitas data. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan Product Momoent Pearson dan pengujian signifikansi menggunaka uji F.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin mengajar guru memiliki hubungan dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam sebesar 0,38 masuk dalam kategori rendah. Besar kontribusi disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 14,44% Perhitungan signifikansi menunjukkan bahwa nilai F hitung = 9,92 > F tabel pada α = 0,05 = 4,08 artinya ada pengaruh yang signifikan antara disiplin mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Wawonii Selatan.
Tidak tersedia versi lain