Referensi
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN 5 HIALU KECAMATAN WIWIRANO KABUPATEN KONAWE UTARA
ABSTRAK
Zubaidillah, NIM: 11010101005. “Penerapan Metode Mind mapping dalam Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 5 Hialu Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara”
Skripsi ini merupakan hasil Penelitian tentang Penerapan Metode Mind mapping dalam Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 5 Hialu Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) (2) pelaksanaan tindakan (acting) (3) pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif, penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan tindakan berupa siklus 1 dan siklus 2 , diawali dengan tahap pra siklus pada tahap ini peneliti melakukan observasi tentang pembelajaran PAI yang diterapkan di kelas V.
Pada tahap pra siklus (sebelum tindakan), nilai rata-rata kelas hanya 44 masih jauh dari KKM yaitu 65 atau hanya mencapai 13.33%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas naik menjadi 55 atau persentase ketuntasan 33.33 %. Nilai evaluasi pada siklus II juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil evalauasi pada siklus I yaitu 67,33 (di atas KKM) dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 73.33%.
Dari hasil ini membuktikan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas V SD Negeri 5 Hialu dengan hipotesis yang diajukan secara klasikal yaitu 70 % dari nilai KKM 65 dapat tercapai.
Tidak tersedia versi lain