Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN FIQHI KELAS VII MTsN WAWOTOBI KECAMATAN WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE ¬
ABSTRAK
Sri Reski, Nim. 09010101020, “Meningkatkan Hasil Belajar Fiqhi Melalui Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas VII MTsN Wawotobi Kec. Wawotobi Kab. Konawe”. (Dosen Pembimbing I Drs.H.Moh.Yahya Obaid,M.Ag dan Pembimbing II Dr.La Ode Abdul Wahab,M.Pd)
Metode pembelajaran everyone is a teacher here yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka sebagai upaya meningkatkan hasil pembelajaran Fiqhi, agar tidak terjadi kebosanan siswa dalam belajar maka guru dapat melakukan model pembelajaran everyone is a teacher here dalam gaya mengajar yang mana guru hanya menjadi fasilitator bagi siswa dan yang melaksanakan peran sebagai guru adalah siswa itu sendiri.
Adapun rumusan masalah yang penulis maksudkan adalah “ apakah dengan menerapakan model pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqhi pada pokok bahasan melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci).
Hasil pembelajaran adalah suatu proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru secara aktif. Disini ditekankan bahwa siswalah yang lebih aktif sebab siswa sebagai subyek didik yang merencanakan dan ia sendiri yang melaksanakan belajar, sehingga dapat terjadi perubahan pengetahuan.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here pada kelas VII di MTsN Wawotobi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata Pelajaran Fiqhi dengan pokok pembahasan melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci). Peningkatan hasil belajar tersebut dilihat dari pelaksanaan siklus I diperoleh hasil belajar sebesar 46,67% dan dalam pelajaran yang telah diberikan dengan menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here. pada siklus II hasil belajar diperoleh 86,67% yang memperoleh nilai ≥ 75 sehingga terjadi peningkatan dari siklus I kesiklus II sebesar 40 %. Kenaikan hasil belajar tersebut disebabkan oleh semakin pahamnya siswa.
Tidak tersedia versi lain