Referensi
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MURID KELAS IV SDN TUMBU-TUMBU JAYA KECAMATAN WAWONII TENGAH KABUPATEN KONAWE
ABSTRAK
Berlian, NIM. 11010101025, Meningkatkan Prestasi Belajar PAI melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Murid Kelas IV SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe, Melalui Bimbingan Bapak Drs. H. Moh. Yahya Obaid, M. Ag
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimanakah penerapan model pembelajaran numbered heads together pada murid kelas IV SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe ? 2). Apakah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Numbered Heads Together pada murid kelas IV SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada murid kelas IV tahun ajaran 2012-2013 yang bertempat di SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe, dengan jumlah 14 orang siswa dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi secara berulang selama 2 siklus.
Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80% setiap siswa telah mencapai nilai 70, indikator kinerja kelompok adalah rata-rata 80% telah melaksanakan indikator yang diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses kerja kelompok, dan indikator proses pembelajaran ditetapkan jika kegiatan proses pembelajaran yang disajikan oleh guru mencapai kategori baik atau 80% telah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui penerapan pembelajaran Numbered Heads Together di kelas IV SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe, bahwa hasil belajar murid mengalami peningkatkan setelah diterapkan pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran PAI dengan materi shalat fardhu. Prestasi belajar murid kelas IV SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kecamatan Wawonii Tengah Kabupaten Konawe, mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan bahwa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 35.71% menjadi 71.43% mengalami peningkatan sebesar 35.71% secara klasikal, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya siklus II meningkat dibandingkan dengan siklus I menjadi 92.86%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 21.43% dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 70.
Tidak tersedia versi lain