Referensi
PERANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN WAWOTOBI KEC. WAWOTOBI KAB. KONAWE
ABSTRAK
Rosmawar. Nim 09010101148 “Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Wawotobi Kabupaten Konawe”. (Dosen Pembimbing I Dr.Husain Insawan,M.Ag dan Pembimbing II Jabal Nur,S.Ag.M.Pd)
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Wawotobi Kabupaten Konawe, dengan fokus masalah, yaitu peranan perpustakaan dan prestasi belajar siswa. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana peranan perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Wawotobi Kabupaten Konawe ?
Dalam penelitian ini, yang menjadi obyek penelitian adalah kepala sekolah, tenaga pustakawan, beberapa orang guru, dan siswa. Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data ditempuh dengan cara reduksi data, pengorganisasian data, kategori data, dan pengolahan data, sedangkan pengecekan keabsahan data melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi sumber data dan teknik.
Berdasarkan temuan hasil penelitian diketahui bahwa peranan perpustakaan di MTsN Wawotobi Kabupaten Konawe, belum berjalan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam peranan di antaranya: a). belum tersedianya gedung khusus untuk perpustakaan sehingga perpustakaan yang berada di sekolah tersebut belum memiliki tempat yang khusus untuk perpustakaan, Staf yang berada di perpustakaan hanya berjumlah dua orang saja dan apabila kedua-duanya tidak datang maka perpustakaan tersebut tidak dibuka.siswa yang datang hanya untuk meminjam buku saja dan sangat jarang digunakan siswa untuk membaca,karena kurangnya buku-buku fiksi dan non fiksi, Bukan hanya itu desain daripada perpustakaannya kurang baik.b). responden yang sering menggunakan perpustakaan sebabagai pusat informasi. mereka memiliki perstasi belajar yang baik sebagaiman dapat dilihat hari prestasi yang mereka peroleh. c). perpustakaan sebagai unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara kontinyu oleh pemakainya sebagai sumber informasi. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, adalah di antaranya: a) perekrutan tenaga kepustakaan dan peningkatan profesionalitas pustakawan, dan b) menerapkan program membaca secara kontinu setiap hari Sabtu. Upaya tersebut secara tidak langsung telah membantu siswa meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikin, dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, maka diperlukan kerjasama yang sinergis antara berbagai pihak, yaitu baik pihak sekolah, orang tua dan masyarakat, sehingga keberadaan perpustakaan di MTsN Wawotobi tetap eksis dan berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa, guru dan seluruh komponen sekolah.
Tidak tersedia versi lain