Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V DI SDN 18 BARUGA KEC. BARUGA KOTA KENDARI
ABSTRAK
DJUHORIA, Nim. 210010101080 “Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa kelas V SD Negeri 1 Toronipa Kec. Soropia Kabupaten Konawe melalui Metode Small Group Discussion Di Bimbing Oleh (Dr. Nur Alim., M.Pd)
Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Apakah metode The Small Group dapat meningkatkan hasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri 1 Toronipa’’?.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik dari penelitian ini adalah tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, seperti halnya pada SD Negeri 1 Toronipa dimana Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang akan dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki yang berdasarkan hasil awal berupa wawancara langsung dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang akan digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan Model pembelajaran Small Group Discussion. adapun pelaksanaan tindakan tersebut mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas sebagai berikut 1.)Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.)Observasi dan Evaluasi, 4.)Refleksi .
Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Small Group Discussion hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 1 Toronipa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan pada nilai siswa setelah tindakan siklus I meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal yakni 31,25% atau rata-rata 66,50 menjadi 50,00% atau rata-rata 69,00, namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I yang dari 69,00 dengan ketuntasan menjadi 74,69 dengan ketuntasan mencapai 87,50%. Sehingga penelitian ini dinyatakan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 85% siswa yang mendapatkan nilai 70 ke atas.
Tidak tersedia versi lain