Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI METODE SIMULASI KELAS III SD NEGERI 2 LALEMBUU KEC. LALEMBUU KAB. KONAWE SELATAN
ABSTRAK
PRAYITNO, NIM. 11010101012, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Metode Simulasi Kelas III SD Negeri 2 Lalembuu Kec. Lalembuu Kab. Konawe Selatan, Melalui Bimbingan Dra. St. Kuraedah, M. Ag
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas III SD Negeri 2 Lalembuu Kec. Lalembuu Kab. Lalembuu melalui Metode Simulasi.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Lalembuu pada semester genap dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran PAI dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi dalam 2 siklus.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran yang diukur dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus. Indikator kinerja untuk data kualitatif yaitu dikatakan berhasil jika minimal 80% dari indikator pembelajaran terlaksana dan indikator kinerja untuk data kuantitatif yaitu dikatakan berhasil jika ketuntasan klasikal mencapai minimal 80%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dari segi proses maupun hasil dikatakan berhasil karena aktivitas guru dan siswa dan hasil belajar siswa mencapai indikator yang ditetapkan. Terbukti pada siklus I presentase aktivitas guru mencapai 88% dan aktivitas siswa mencapai 92%. Sedangkan hasil belajar siswa mencapai rata-rata sebesar 78 dan ketuntasan klasikal sebesar 71%. Pada siklus II, presentase aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi 100% dan rata-rata sebesar 85 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 89%. Jadi, dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan presentase aktivitas guru dan siswa sebesar 12% dan 8% dan peningkatan rata-rata dan ketuntasan klasikal sebesar 7 dan 18%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas III SD Negeri 2 Lalembuu Kec. Lalembuu Kab. Konawe Selatan dapat meningkat melalui penerapan Metode Simulasi.
Tidak tersedia versi lain