Referensi
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KONSEL KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONSEL
ABSTRAK
DITA NINGSIH SOLEMAN, NIM. 09010101071, Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Konawe Selatan Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konsel. Dimbimbing oleh Ibu Dr.Hj. Hasniyati Gani Ali, M.Pd.I dan Bapak Burhan, S.Si.,M.Sc
Hasil belajar yang baik menjadi harapan dan keinginan setiap siswa. Namun untuk mencapai hal itu, banyak faktor yang mempengaruhi. Baik faktor yang berasal dari siswa itu sendiri maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya adalah pengelolaan Kelas. Pengelolaan kelas yang baik yang dilakukan guru untuk mengkondisikan kelas dengan mengoptimalisasikan berbagai sumber (potensi yang ada pada diri guru, sarana dan lingkungan belajar di kelas) yang ditujukan agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 34 orang siswa, yang diperoleh dari 15% populasi siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas di SMP Negeri 1 Konawe Selatan berada pada kategori tinggi; (2) Hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Konawe Selatan berada pada kategori tinggi sekali; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Konawe Selatan. Pengelolaan kelas memberi pengaruh sebesar 26,41% pada hasil belajar siswa di SMPN 1 Konawe Selatan dan sisanya sebesar 73,59% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi bahasan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain