Referensi
PERAN BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK NEGARA INDONESIA (BNI) SYARIAH CABANG KENDARI
ABSTRAK
Yani NIM. 09020103015, “Peran Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank BNI Syariah Cabang Kendari”. Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Islam. (Dibimbing oleh Dr. Husain Insawan, M.Ag dan Umi Rohmah, S. HI, M.SI)
Fokus permasalah dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk promosi dan peran bauran promosi pada BNI Syariah cabang Kendari, motif nasabah menabung di BNI Syariah serta kendala dan solusi BNI Syariah dalam promosi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan peran bauran promosi pada BNI Syariah, untuk mengetahui motif nasabah menabung di BNI Syariah serta untuk mengetahu kendala dan solusi BNI Syariah dalam melakukan promosi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data secara umum bersifat kualitatif. Subyek penelitian ini adalah karyawan bagian umum, karyawan bagian pemasaran dan nasabah BNI Syariah cabang Kendari. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi atau kepustakaan. Jenis pengolahan data penelitian ini adalah setelah seluruh data terkumpul maka proses pengolahannya dapat dilakukan secara kualitatif melalui pengecekan data, klasifikasi data, display data dan verifikasi data. Uji keabsaan data menggunakan tehnik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa bentuk-bentuk promosi BNI Syariah cabang Kendari melalui pemasangan iklan melalui media cetak dan media radio, memberikan bonus dan ucapan selamat kepada nasabah, melakukan kegiatan seminar, presentasi atau sosialisasi serta kegiatan sosial atau amal. Kemudian BNI Syariah mengundang wartawan dari stasiun berita untuk meliput kegiatan BNI Syariah. Kedudukan utama promosi di BNI Syariah cabang Kendari adalah sebagai sarana untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa BNI Syariah telah hadir di kota Kendari dan memperkenalkan produk BNI Syariah yang dilakukan melalui pemasangan iklan di media cetak maupun di media eletronik. Fungsi promosi pada BNI Syariah cabang Kendari adalah sebagai alat informasi atau penerangan dalam memperkenalkan lembaga BNI Syariah dan produk-produk baru ke pasaran. Alasan atau motif nasabah menabung di BNI Syariah cabang Kendari sangat beragam di antaranya yaitu karena dipengaruhi oleh adanya keinginan, motivasi dari orang lain, iklan, keuntungan yang diperoleh, kebiasaan atau aturan yang berlaku pada komunitas tertentu, serta pemahaman tentang riba. Kendala yang dialami BNI Syariah dalam promosi adalah kendala biaya dan umumnya masyarakat menilai semua bank sama. BNI Syariah untuk mengantisifasi kendala tersebut memilih promosi yang lebih murah dengan lebih banyak melakukan sosialisasi.
ABSTRACT
Yani NIM. 09020103015, “The Role of Promotional Mix in the Saving Making Decision of Customers of BNI Syariah Branch Kendari”. Departement of Islamic Economics (Under supervision of Dr. Husain Insawan, M.Ag dan Umi Rohmah, S. HI, M.SI)
The problem focuses of the research are forms of promotion and the role of promotional mix at BNI Syariah Kendari. The purpose of this study was to describe the forms and roles of the promotional mix in BNI Syariah’s customers and to determine their motives to save in BNI Syariah and to determine their challenges and solutions in promotion BNI Syariah.
Type of research in this study is a qualitative research because the data are largely qualitative. The subject of the research were is employees of the public, employees of the marketing and costomer BNI Syariah branch Kendari. The data were collected in this study through interviews, observations and documentations of literature. The processing of the data in this study was conducted qualitatively through data checking, data verification, data display and verificational test data. The validity of the data in this study was tested by triangulation techniques.
Based on the research that promotion forms of BNI Syariah Kendari were done by advertising through radio and print media, give a gift and congratulations to the customers, conducting exhibitions, seminars, presentations or socialization and social or charitable activities. BNI Syariah then invited reporters from news stations to cover and broadcast the activity of BNI Syariah. The main position of promotion in BNI Syariah Kendari was as a means to inform the public that BNI Syariah has been present in the city of Kendari and to introduce its products. The function of the promotion in the BNI Syariah Kendari was as a media of information and illumination in introducing BNI Syariah institutions and its new products to the market. Reasons or motives of the customers to save in BNI Syariah are very diverse because their were influenced by the interest, motivation from others, advertisements, profit, habits or rules that were applied in a particular comunity and an understanding of usury. BNI Syariah constraints experienced in the promotion are the cost contraints and the comunity generally assess all bank as the same. BNI Syariah contraints chose the cheaper promotions and more socialization to overcome.
Tidak tersedia versi lain