Referensi
PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMP SATAP 2 SAPONDA KEC. SOROPIA KAB. KONAWE
Dari hasil obsevasi peneliti yang dilakukan di SMP Satap 2 Saponda telah ditemukan bahwa dari beberapa guru PAI yang ada dapat dikatakan mempunyai profesionalitas yang cukup baik karena jika dilihat dari latar belakang akademik telah menyelesaikan pendidikan strata Sarjana (S1) dan berperan akatif dalam mengikuti kegiatan- kegiatan pelatihan ilmiah yang dilakukan oleh berbabagai perguruan tinggi maupun pemerintah setempat, atau dengan kata lain telah menyesuaikan beberapa aturan yang ada dalam undang-undang antara lain tuntutan kualifikasi akademik, pelatihan profesional sehingga diharapkan adanya peningkatan kualitas atau motivasi belajar yang diperoleh siswa. Namun di sisi lain terlihat bahwa motivasi siswa dalam belajar relatif rendah sebagai salah satu indikatornya adalah kahadiran dan hasil belajar yang rendah pula. Serta masih terdapat guru yang mengajar bukan pada bidangnya, kadang guru tidak masuk sekolah yang disebabkan alat teransportasi laut yang tidak memadai, Oleh karena itu yang paling mendasar dalam pembahasan ini secara keseluruhan yakni terkait dengan profesionalitas Guru PAI SMP Satap 2 Saponda Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe terhadap kemajuan-kemajuan yang dicapai oleh siswa tertama pada motivasi belajarnya. Untuk itu maka dirumuskan masalah apakah profesionalitas guru PAI SMP Satap 2 di Saponda berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar siswa
Untuk memperoleh data yang akurat dan autentik dalam proses penelitian ini maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi, dari metode pengumpulan data tersebut maka dilakukan analisis data dengan menguji data angket dengan menggunakan SPSS ver 15 yakni uji homogenitas, validitas dan normalitas data kemudian dilakukan analisis persen produk momen, uji determinasi dan uji-T.
Dari hasil uji signifikansi Thitung di atas maka yakni sebesar 19,7 dengan taraf signifikansi sebesar (α)=0,05 maka T-Tabel adalah 1,684 dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa T-hitung ≥ T-Tabel atau 19,7 ≥ 1,684 maka H0 diterima artinya bahwa signifikan dengan ketentuan searah bahwa profesionalitas guru dalam mengajar mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP Satap Saponda Kec. Soropia Kab. Konawe, sedangkan dari uji determinasi maka besarnya sumbangan variabel X adalah 88% sedangkan 12% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain