Referensi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INFORMATION SEARCH (IS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MATANDAHI KECAMATAN MOTUI KABUPATEN KONAWE UTARA
Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas V SD Negeri Matandahi Kec. Motui Kab. Konawea Utara, pada pembelajaran information search.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas V semester genap (II) dengan jumlah siswa 20 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan prosedur penelitian yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi secara berulang selama dua siklus.
Cara pengambilan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil pengamatan kolaborasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dan indikator kinerja setiap siswa ditetapkan bahwa jika 80% setiap siswa telah mencapai nilai 70, indikator kinerja kelompok adalah rata- rata 80% telah melaksanakan indikator yang diobservasi dalam lembar observasi kegiatan siswa selama proses kerja kelompok.
Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi dari setiap siklus didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I
rata- rata nilai siswa 68,25 atau 55% , siklus II rata- rata nilai siswa 74 atau 95%, pada siklus II telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan 80% siswa telah mendapat nilai 70.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran information search dapat meningkatkan aktifitas dan minat serta hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Matandahi Kec. Motui Kab. Konawe Utara tahun pelajaran 2012/2013 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternativ pembelajaran PAI.
Tidak tersedia versi lain