Referensi
PERAN GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 2 KENDARI
Penelitian ini dituangkan dalam bentuk Skripsi yang disusun berdasarkan fenomena peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari. Skripsi ini dibuat dalam rangka mengetahui secara jelas peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa, serta mengetahui bentuk – bentuk kenakalan yang terjadi. Guru yang dimaksudkan adalah kepala sekolah, guru BK, wali kelas, dan guru bidang studi. Sedangkan peran guru yang diberikan dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 2 Kendari yaitu bimbingan pengajaran, memberikan bimbingan perbuatan negatif (menjelaskan hal-hal negatif yang dilarang, memberikan motivasi positif, perlakuan siswa semua sama, memberikan teladan, dan melakukan pengawasan terhadap perubahan tingkah laku siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dan data yang dikumpulkan bersifat kualitatif. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu informan kunci kepala sekolah, dan selanjutnya menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun analisis data selama pada penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan ferivikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dalam bentuk perpanjangan waktu pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif dan member chek.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kenakalan siswa SMA Negeri 2 Kendari yaitu melanggar kedisiplinan (bolos, alpa, dan terlambat), berkelahi, pacaran, minum-minuman keras, merokok dan membawa hand phone (HP). Melihat kenakalan yang terjadi di sekolah tersebut seluruh guru ikut bertanggung jawab dalam menanganinya. Adapun upaya – upaya guru di SMA Negeri 2 kendari dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu menjalin komunikasi terhadap orang tua siswa, memberikan motivasi kepada seluruh siswa, melibatkan siswa pada kegiatan intra sekolah, dan menegakkan tata tertib sekolah.
Tidak tersedia versi lain