Referensi
KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LAONTI KABUPATEN KONAWE SELATAN
Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang kinerja guru di SDN 2 Laonti tidak sesuai dengan harapan, yang dindikasikan antara lain: adanya guru yang tidak menyediakan Rencana Program Pembelajaran (RPP), dalam mengajar guru mengambil metode yang tidak relevan, sering melaksanakan evaluasi hanya untuk menggugurkan kewajiban, terkadang ada sebagian guru yang secara totalitas lebih menekuni kegiatan sambilan dari pada kegiatan utamanya sebagai guru di sekolah. Kenyataan ini sangat memprihatinkan dan mengundang berbagai pertanyaan tentang konsistensi guru terhadap profesinya. Namun bagaimana kenerja guru di SDN 2 Laonti terkait dengan kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajarn berjalan baik belum diketahui, dalam rangka itulah penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data-data dan fakta-fakta yang berhubungan dengan masalah penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan domumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru di SDN 2 Laonti telah mengalami perkembangan karena telah memenuhi standar kemampuan dalam pengelolaan pembelajara. Pengelolaan pembelajaran yang dimaksud terkait dengan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran dan kemampuan mengevaluasi hasil pembelajaran secara objektif. Dengan demikian dapat dikategorikan bahwa kinerja guru di SDN 2 Laonti berjalan cukup baik.
Tidak tersedia versi lain