Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 22 MANDONGA KOTA KENDARI
Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah apakah model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas III SDN 22 Mandonga Kecamatan Mandonga Kota Kendari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas III SDN 22 Mandonga dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 22 Mandonga tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, (planing), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), evaluasi (evaluation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan metode pembelajaran match to match, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes formatif.
Analisis data hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan mulai dari tes awal hingga pelaksanaan tindakan siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes awal sebelum penerapan model pembelajaran make a match ketuntasan siswa hanya mencapai 37,5% atau hanya 6 siswa yang mendapatkan nilai di atas 65 dari 16 siswa, sedangkan pada tes tindakan siklus I setelah peneliti menggunakan model pembelajaran make a match, ketuntasan klasikal mencapai 69% atau ada 11 dari 16 siswa yang tuntas, kemudian pada tes tindakan siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 94% atau ada 15 siswa yang memperoleh nilai di atas 65 atau tuntas. Selain peningkatan hasil belajar, model pembelajaran make a match juga mampu meningkatkan aktifitas guru dan siswa dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,71% untuk aktifitas guru dan 90,91% untuk aktitifitas siswa.
Tidak tersedia versi lain