Referensi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU SISWA PADA SMA NEGERI 3 KENDARI
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Siswa Pada SMA Negeri 3 Kendari”. Masalah utama yang ingin di bahas dalam skripsi ini adalah “Apakah pengaruh kecerdasan emosi terhadap perilaku siswa pada SMA Negeri 3 Kendari ? “dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku siswa pada SMA Negeri 3 Kendari.
Penelitian ini mengkaji dua variabel yakni variabel bebas (X), yaitu kecerdasan emosional dan variabel terikat (Y) yaitu perilaku siswa SMA Negeri 3 Kendari. Dengan demikian yang menjadi sumber data primer adalah siswa SMA Negeri 3 Kendari. Peneliti mengambil 10% dari populasi 455 dan diperoleh sampel sebesar 45 siswa. Metode pengumpulan data adalah quisioner (angket) secara dominan dan didukung oleh metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriftif dan inferensial.
Dari data penelitian ini diketahui bahwa Siswa di SMA 3 Kendari telah memiliki kecerdasan emosional yang maksimal dan baik, karena siswa telah mengenali emosi diri, mengelola dan mengekspresikan emosi dengan baik, memacu motivasi diri, mampu mengenali emosi orang lain dan membangun hubungan yang baik dengan lingkungannya. Selain itu, siswa di SMA Negeri 3 Kendari telah menunjukkan perilaku yang sangat baik, karena siswa telah menunjukkan perilaku positif saat di dalam kelas ketika proses pembelajaran berlangsung, saat di luar kelas dan saat di luar lingkungan sekolah. Dan berdasarkan analisis inferensial diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku siswa SMA Negeri 3 Kendari. Sesuai dengan nilai Uji-F yaitu 26,50 lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel pada derajat bebas dbreg b/a = 1 dan db res = n – 2 (45-2 = 43) yaitu 7,24.
Tidak tersedia versi lain