Referensi
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DI SMAN I SAMPARA KECAMATAN SAMPARA KABUPATEN KONAWE
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Yaitu usaha menguji coba konsep dalam bentuk tindakan di dalam kelas dalam rangka perbaikan mutu pembelajaran dengan alur siklus. Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktik yang dilakukan sendiri. Dengan demikian, akan diperoleh pemahaman mengenai praktik tersebut dan situasi dimana praktik tersebut dilaksanakan. Terdapat dua esensi penelitian tindakan, yaitu perbaikan dan keterlibatan. Hal ini mengarahkan tujuan penelitian tindakan kedalam tiga area, yaitu: 1) Untuk memperbaiki praktik; 2) untuk pengembangan profesional dalam arti meningkatkan pemahaman/kemampuan para praktisi terhadap praktik yang dilaksanakannya; 3) Untuk memperbaiki keadaan atau situasi dimana praktik tersebut dilaksanakan. Langkah-langkah penelitian terdiri atas empat komponen yaitu : a) tahap perencanaan, b) tahap pelaksanaan tindakan, c). tahap observasi/evaluasi, d). tahap refleksi, dalam suatu system spiral yang saling terkait, selanjutnya pada siklus kedua dan seterusnya jenis kegiatan yang dilakukan peneliti bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana (revision plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Demikian seterusnya, siklus akan terus berulang hingga pembelajaran dirasakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain