Referensi
HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON TELEVISI DENGAN PRESTASI BELAJAR MURID DI SD NEGERI TUMBU-TUMBU JAYA KEC.KOLONO KAB.KONAWE SELATAN
Skripsi ini membahas hubungan kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar pada murid di SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kec. Kolono Kab. Konawe Selatan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar pada murid di SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kec. Kolono Kab. Konawe Selatan.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar pada murid di SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kec. Kolono Kab. Konawe Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tumbu-Tumbu Jaya Kec. Kolono Kab. Konawe selatan selama 3 bulan dan observasi awal pada bulan Desember 2012 dan dilanjutkan dengan penelitian. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah tiga kelas dengan jumlah keseluruhan berjumlah 30 orang yaitu kelas III sebanyak 40 orang, kelas IV 40 orang, dan kelas V sebanyak 41 orang. Sampel dalam penelitian ini mengunakan stratified random sampling (pengambilan secara acak). Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan dua analisis statistik yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini adalah (1) Dari koefisien determinasi yang ditemukan, maka hal ini berarti varian yang terjadi pada variabel prestasi belajar sebesar 37 % ditentukan oleh varian yang terjadi pada variabel kebiasaan menonton televisi. Jadi dapat dikatakan bahwa hubungan kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar murid sebesar 37% dan sisanya yaitu sebesar 63% ditentukan oleh faktor lain. (2). Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus produk moment (person), dapat diketahui bahwa terdapat hubungan positif kebiasaan menonton TV dengan prestasi belajar. Dimana diperoleh nilai r hitung = 0,605 yang kemudian dikonsultasikan pada rtabel = 0,349 maka menunjukan bahwa rhitung > rtabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar murid di SD Tumbu-Tumbu Jaya.(3).Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji t maka diperoleh thitung = 5,08 sedangkan ttabel = 1,701, dengan demikian t hitung (5,08) ≥ ttabel (1,701) sehingga dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima atau dengan kata lain terdapat hubungan positif kebiasaan menonton televisi dengan prestasi belajar pada murid di SD Tumbu-Tumbu Jaya kec. Kolono Kab. Konawe Selatan.
Tidak tersedia versi lain