Referensi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs PESRI KENDARI
Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimanakah implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Pesri Kendari, dengan tujuan penelitian yaitu 1). Untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Pesri Kendari. 2).Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di MTs Pesri Kendari. 3). Untuk mengetahui faktor yang mendukung penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Pesri Kendari.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di MTs Pesri Kendari, sejak bulan Juni s/d September 2012. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru, komite sekolah, orang tua dan siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik reduksi data (merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak perlu), display data (penyajian data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan awal yang masih bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat sampai ditemukan bukti-bukti yang valid dan konsisten).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBS di MTs Pesri Kendari dilakukan secara bertahap dan berjalan dengan baik karena telah diterapkan sejak tahun 2006 pada masa kepala madrasah Dra. Hj Rosmin Ando. Prestsi belajar siswa di MTs Pesri Kendari, mengalami peningkatan yang signifikan sejak diterapkanya MBS di madrasah tersebut baik hasil akademik maupun non akademik siswa. Faktor pendukung implementasi MBS di MTs Pesri Kendari diantaranya yaitu 1). Kepemimpinan dan manajemen sekolah yang baik, 2). Keadaan sosial ekonomi dan penghayatan masyarakat terhadap pendidikan, 3). Dukungan pemerintah, 4).Profesionalisme kepala sekolah, guru dan pengawas. Sedangkan factor penghambat implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Pesri Kendari, diantaranya yaitu 1). masih ada sebagian guru yang terlambat merespon dan tidak tanggap terhadap fenomena yang berkembang, sehingga mereka kurang mengetahui apa itu MBS dan program apa yang diterapkan oleh MBS itu sendiri, 2) Penerapan MBS hanya sekedar konsep dan mengadopsi model apa adanya tanpa upaya kreatif, 3). Menganggap bahwa MBS adalah hal biasa dengan tanpa usaha yang serius akan berhasil dengan sendirinya.
Tidak tersedia versi lain