Referensi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SULTAN QAIMUDDIN KENDARI
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tentang hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Dengan sasaran permasalahan yaitu (a) Bagaimanakah kualitas pelayanan di Perpustakaan STAIN Kendari?, (b) Bagaimanakah kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakan di STAIN Kendari?, (c) Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Kendari?. Permasalahan dalam penelitian ini dikaji secara ilmiah melalui pendekatan kuantitatif. Dengan tujuan penelitian yaitu (a) Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Perpustakaan STAIN Kendari, (b) Untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Kendari, (c) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasi dengan populasi sebanyak 621 mahasiswa yang ditarik secara cluster random sampling dengan sampel sebesar 15 % dari jumlah keseluruhan mahasiswa reguler semester IV, VI dan VIII yang teregistrasi aktif tahun ajaran 2011–2012 dengan demikian sampel penelitian sebanyak 93 orang mahasiswa. Tehnik pengumpulan data penelitian menggunakan questioner (angket) dan studi dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan analisis statistik inferensial yang ditempu dengan menggunakan alat uji korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji t (uji signifikansi).
Hasil penelitian dikemukakan bahwa, (a) Kualitas pelayanan di Perpustakaan STAIN Sultan Qaimuddin Kendari kurang memadai dengan persentase tertinggi sebesar 36,6 %, (b) Kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari pada umumnya mahasiswa merasa cukup puas dengan persentase tertinggi sebesar 53,8 %, (c) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa dalam memafaatkan perpustakaan di STAIN Kendari. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji korelasi product moment dan uji t. Dari hasil analisis antara kualitas pelayanan dengan kepuasan mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan di STAIN Kendari diperoleh nilai r = 0,541 dengan kategori cukup kuat hubungannya. Selanjutnya dikemukakan harga t-hitung = 6,136 dan harga t-tabel = 1,980. Dimana t-hitung ≥ t-tabel, maka tolak H0 terima H1 artinya hubungannya signifikan. Sedangkan besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 29,3 % dan sisanya sebesar 70,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam skripsi ini.
Tidak tersedia versi lain